PERILAKU PEDAGANG GROSIR DITINJAU DARI ETIKA BISNIS ISLAM
Sari
Abstrak: kaum muslim yang bergerak dalam bidang perdagangan wajib mengetahui hukum jual beli, karena ia harus mengetahui apa yang sah dan tidak sah dalam jual beli, dalam proses jual beli tidak ada pedagang yang ingin gagal atau bangkrut dalam menjalankan usahanya para pedagang berusaha mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya dengan cara apapun, tetapi dalam Alquran dilarang mengambil keuntungan berlipat ganda.
Rasulullah pernah bersabda bahwa perdagangan (bisnis) adalah suatu lahan yang mampu menghasilkan banyak keberkahan. Dengan demikian aktifitas perdagangan atau bisnis nampaknya merupakan arena yang paling memberikan keuntungan. Namun harus dipahami praktek- praktek bisnis yang seharusnya dilakukan setiap manusia menurut ajaran Islam telah ditentukan batasan-batasanya
Kata Kunci : pedagang, pasar,etika bisnis islam
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Abdurrahman Fatoni, Metodologi Penelitian dan Tehnik Penyusunan Skripsi, ( Jakarta: PT Rinekha cipta 2006),105
Adiwarman Azwar Karim, Ekonomi Mikro Islam, (Jakarta: IIIT Indonesia,2002).hal 132
Buchari Alma, Ajaran Islam Dalam Bisnis( Bandung: CV. Alfa Beta, 1994), hal 17-18
Buchari Alma, Dasar-dasar Etika Bisnis Islam,(Bandung:Alfa Beta 2003),hal.137
Burhan Bungin, Metodologi Penelitian Sosial : Format 2 Kuantitatif dan Kualitatif, ( Surabaya: Airlangga University Press,2005), 128
Djoko Winarso, Organisasi dan Bisnis, (Malang: IKIP Malang 1995). Hal 1
Ikhwan Hamdani, sistem pasar, (Jakarta: Nur insani,2003), hal.46
John R.Schermerhorn,manajemen, ( Yogyakarta: Andi), hal 119.
Lili M. Sadeli dan Maman Ukas, Pengantar Bisnis Ilmu Menjual, (Jakarta: Bumi Aksara 2000), hal8-10
Mannan, Teori dan Praktek Ekonomi Islam, (Yogyakarta: BPFR, 2004), hal 167.
Marzuki, metodologi Riset, (Yogyakarta: Bagian penerbitan Fakulttas ekonomi UII, 2001),8
Muhammad Ismail Yusanto dan Muhammad karebet Widkjajakusuma, Mengagas Bisnis Islami, ( Jakarta: Gema Insani,2002) hal 15.
Muhammad, Etika Bisnis Islam, (Yogyakarta: Akademi Manajemen Perusahaan YKPN), hal.25-26
Mursyid, Manajemen Pemasaran, (Jakarta: PT. Bumi Aksara,2006), hal.3
Nasution, Metode research (Penelitian Ilmiah), (Yogyakarta: Bumi Aksara,2003),113
Noeng Muhajir, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Yogyakarta Take Sarasin, 1999),194
Suharsimi Arikunto, Manajemen Penelitian, (Jakarta: Rineka Cipta, 2005) 131
Sutrisno Hadi, Metodologi Research, jilid l, cet.XXIV, (Yogyakarta: Andi Offset,1993),11
Umam, M. K. (2019). DIMENSI KEPEMIMPINAN TRANSFORMATIF ERA DISRUPSI PERSPEKTIF MANAJERIAL BIROKRASI. AL-WIJDÃ N: Journal of Islamic Education Studies, 4(2), 127-146.
Umam, M. K. (2019). Lembaga Pendidikan Islam Dalam Telaah Lingkungan Strategik. Jurnal Tinta, 1(2), 16-29.
Umam, M. K. (2019). PERDAGANGAN ETHEREUM DI INDODAX EXCHANGE DALAM PERSFEKTIF SYARIAH. ISTITHMAR: Journal of Islamic Economic Development, 3(2).
Umam, M. K. (2020). DINAMISASI MANAJEMEN MUTU PERSFEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. Al-Hikmah: Jurnal Kependidikan Dan Syariah, 8(1), 61-74.
Umam, M. K. (2020). KECERDASAN SPIRITUAL DITINJAU DARI NILAI NILAI PROFETIK. SAMAWAT, 3(1).
Umam, M. K. (2020). PARADIGMA SIMTOMA JIWA SEBAGAI METODE MEMAHAMI KOGNISI PESERTA DIDIK. Aṭfᾱl: Scientific Journal of Early Childhood Education, 1(1).
Umam, M. K. (2020). PENERAPAN METODE ARTIKULASI EKONOMI (Studi Kasus Di MAN Kota Blitar). ASSYARIAH, 1(1), 55-66.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

A HIKMAH by STAIBA purwoasri Kediri is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.staiba.ac.id/index.php/alhikmah
Indexed By :