PENGARUH PROFESIONALISME GURU DAN PENGGUNAAN MEDIA AUDIO-VISUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MIN SE-KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Muhammad Syafi’ Zamzami

Sari


Abstrak
Keberadaan guru profesional sudah sangat jauh dari apa yang dicita-citakan. Menjamurnya sekolah-sekolah yang rendah mutunya memberikan suatu isyarat bahwa guru profesional hanyalah sebuah wacana yang belum terealisasi secara merata dalam seluruh pendidikan yang ada di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh profesionalisme guru terhadap prestasi belajar siswa MIN se-Kabupaten Kediri, mengetahui adakah pengaruh penggunaan media audio-visual terhadap prestasi belajar siswa MIN se-Kabupaten Kediri, mengetahui adakah pengaruh profesionalisme guru dan penggunaan media audio-visual terhadap prestasi belajar siswa MIN se-Kabupaten Kediri. Metode peneliti ini mengunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan field research. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 5 MIN se Kabupaten Kediri yang selanjutnya dijadikan sampel sebanyak 200 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan instrument angket. Analisis data dan uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan regresi sederhana (uji t), regresi berganda (uji F). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh profesionalisme guru terhadap prestasi belajar siswa di MIN se Kabupaten Kediri dengan R2 = 0,942 atau dengan prosentase 94,2%, pengaruh penggunaan media audio visual terhadap prestasi belajar siswa di MIN se Kabupaten Kediri dengan R2 = 0,115 atau dengan prosentase 13,1%, profesionalisme guru dan penggunaan media audio visual secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar dengan nilai sebesar 0,922 atau prosentase 92,2%.

Kata Kunci: Profesionalisme, Media Audio-Visual dan Prestasi Belajar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdul Haris, Asep Jihad., 2009. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo

Ali Rahman, Masykur., 2013. Kesalahan-Kesalahan Guru Saat Mengajar. Jogjakarta: Laksana.

Alma dkk, Buchari., 2009. Guru Profesional. Bandung: Alfabeta

Arief dkk, Sadiman. , 2008. Media Pendidikan pengertian, pengembangan dan pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Press

Arikunto, Suharsimi., 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Arsyad, Asyhar., 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Azhar, Arsyad., 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali

B. Uno, Hamzah., 2007. Profesi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Bahri Djamarah, Syaiful., 1994. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional

Basyirudin Usman, Asnawir., 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers

Budiningsih, Asri., 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Bungin, Burhan., 2009. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Gajah Mada

Darmaningtyas., 2005. Ilusi tentang Guru dan Profesionalisme. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma

Daryanto., 2011. Media Pembelajaran. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera

Djamarah, Syaiful Bahri., 1994. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional

Djamarah, Syaiful Bahri., 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Hamalik, Oemar., 2006. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara

Hamdani., 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hasan, Iqbal., 2006. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hujair, Sanaky. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safiria Insania Press, 2010

Marzuki., 1983. Metodologi Riset. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi UII

Mulyasa, E., 2011. Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Rosda.

Nurjan Syarifan. Yunus Abu Bakar., 2009. Profesi Keguruan. Surabaya: Aprint

Oemar, Hamalik., 1985. Media Pendidikan. Bandung: Penerbit Alumni.

Riduwan., 2004. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.

Riduwan., 2006. Metode Dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.

Sanaky, Hujair., 2003. Paradigma Pendidikan Islam Membangun Masyarakat Madani Indonesia. Yogyakarta: Safiria Insania Press.

Syaefudin, A., 2005. Percikan Pemikiran Imam Al-Ghazali. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Umam, M. K. (2017). Analisis Lingkungan Strategik Dalam Corak Penyelenggaraan Pendidikan Islam. Al-Hikmah: Jurnal Kependidikan Dan Syariah, 5(1), 1-8.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
A HIKMAH by STAIBA purwoasri Kediri is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.staiba.ac.id/index.php/alhikmah

Indexed By :



Flag Counter