META ANALISIS PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI TERHADAP HASIL BELAJ AR KOGNITIF SISWA JENJANG SMA SE-JAWA TIMUR

Umi Nadhifah, Haslinda Yasti Agustin

Sari


Penggunaan metode pembelajaran pada proses pengajaran dan pembelajaran merupakan suatu hal yang penting adanya. Mata pelajaran biologi adalah mata pelajaran yang membutuhkan banyak media pembelajaran untuk menunjang materinya bahkan bisa dikatakan materi biologi tidak akan terserap dengan baik apabila tanpa bantuan media pembelajaran. Media pembelajaran yang digunakan meliputi, media pembelajaran di kelas seperti LCD Komputer untuk menayangkan visualisasi dari proses pertumbuhan, perkembangan dan sebagainya kemudian untuk kegiatan lain seperti di dalam Laboratorium dan sebagainya. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ketergunan media pembelajaran biologi terhadap hasil belajar kognitif siswa SMA Se- Jawa Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah Meta analisis quantitatif dimana penelitian ini memadukan hasil penelitian secara kuantitatif untuk mengetahui besaran pengaruh media pembelajaran biologi terhadap hasil belajar kognitif. Analisis data menunjukkan besaran berdasarkan hasil belajar kognitif  dengan rata rata ES =0,63 menunjukkan efek sedang, dan pengaruh klasifikasi media dengan rata rata ES= 1,04 menunjukkan efek tinggi, analisis Effect size berdasar materi menunjukkan rata-rata ES= 1,04 menunjukkan efek tinggi dalam meningkatkan hasil belajar kognitif.       

Kata Kunci: Meta Analisis, Media Pembelajaran, Hasil belajar kognitif


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afid Burhanudin. 2014. Teori Kognitif diakses dari https://www.google.com/amp/s/afidburhanuddin.wordpress.com/2014/07/19/teori-kognitif/amp/Diakses pada 11 nopember 2020, pukul 08.10

Aliyah, 2019. pengaruh model pembelajaran THINK PAIR SHARE (TPS) dipadu media Word Square terhadap hasil dan motivasi belajara siswa kela XI materi sistem penapasan di MAN 1 Tulungagung, Skripsi, IAIN Tulungagung

Amna Emda, 2011, Pemanfaatan Media Pembelajaran Biologi Di Sekolah, Jurnal Ilmiah Didaktika, Vol XII, No.1

Azhar Arsyad, 2010, Media Pembelajaran, Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada

Cecephilman.2020.Klasifikasi Media Pembelajaran.Diakses dari https://www.google.com/amp/s/cecephilmanstaisukabumi.wordpress.com/2020/05/05/klasifikasi-media-pembelajaran/amp/ diakses pada 18 nopember 2020, pukul 20.10

Hastings, Dkk. 2005. Does Media Affect Learning: Where Are We Now? TechTrends. Vol. 49, No. 2, 28-30.

Heri R, Dkk. 2018. Pengantar Analisis Meta, Yogyakarta, Parama Publishing

Lusiana N, 2016, peningkatan Aktifitas dan hasil belajar kognitif siswa melalui peneraan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) di SMUK

Miftah, M, 2013,Fungsi Dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa, Vol.1, No. 2,

Rica S.D, 2019 Pengaruh Media Mobile Learning Berbasis Android Terhadap Motivasi Dan Hasil Blajar Siswa Kelas XI MIA Di Madrasah Aliyah Negeri Kota Blitar, Skripsi, IAIN Tulungagung

Sigma,G.M, 2020, Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Melalui Media PUZZLE Pada Sub Bahasan Sistem Pencernaan Terhadap Persepsigaya Hidup Sehat Dan Hasil Belajar Biologi Pada Siswa Kelas XI MIPA Di MAN 4 Jombang, Skripsi, IAIN Tulungagung

Sinta Y.P, 2020 pengaruh penggunaan media kartu pintar terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik pada materi dunia tumbuhan (PLANTAE) KELAS X MIPA di madrasah aliyah negeri 2 jombang, Skripsi, IAIN Tulungagung

Siti Khomaidah, Dkk, 2019, Meta-analisis penggunaan media Animasi dalam meningkatkan hasil belajar IPA, salatiga, Indonesia Journal of Education Research and Review, Vol.2.No.2

Suciati S. (2015). Memahami Hakikat Dan Karakteristik Pembelajaran Biologi Dalam Upaya Menjawab Tantangan Abad 21 Serta Optimalisasi Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Florea Volume 2 No. 1

Jun A, Teori Vygotski, 2017, https://student-activity.binus.ac.id/himpgsd/2017/06/teori-vygotsky/ diakses pada 11 nopember 2020, pukul 12.00,

Wilda KH, 2019 Pengaruh penggunaan aplikasi wondershare quiz creator sebagai alat evaluasi belajar biologi terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas XI SMAN 1 Srengat, Skripsi, IAIN Tulungagung

Yenti W,T, 2018 ,Meta-Analisis Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa,Pontianak, Skripsi, Universitas Tanjungpura Pontianak.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
A HIKMAH by STAIBA purwoasri Kediri is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.staiba.ac.id/index.php/alhikmah

Indexed By :



Flag Counter