STUDI KOMPARASI PROKRASTINASI (PROCRASTINATION) ANTAR SISWA

Risma Lia Sari

Sari


Prestasi yang tinggi sangatlah penting bagi individu dalam proses pendidikan. Salah satu faktor negatif yang mempengaruhi prestasi yaitu prokrastinasi. Menurut teori Burka dan Yuen yang menjelaskan bahwa setiap orang dapat menjadi prokrastinator karena prokrastinasi tidak membeda-bedakan atas dasar ras, kepercayaan, jenis kelamin, IQ, dan lain sebagainya. Oleh karena itu penelitian ini dilaksanakan untuk mencari perbedaan Prokrastinasi Antar Siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kuantitatif. Metode kuantitatif menggunakan pendekatan kuantitatif komparatif, dengan populasi berjumlah 334 siswa, pengambilan sampel menggunakan teknik proportionated random sampling dengan jumlah 172 siswa. Instrumen dan metode yang digunakan adalah angket, wawancara dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis Annova. Metode pendukung menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan instrumen dan metode yang digunakan adalah wawancara kepada 8 orang informan dan penyebaran angket terbuka terhadap 25 orang informan. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, paparan atau penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Untuk variabel prokrastinasi. Dengan mengacu pada analisis statistik Annova diperoleh skor  sebesar 2,107 dan = 2,658399, maka kesimpulannya adalah Terima H0  karena . Hal ini berarti Tidak Ada perbedaan yang signifikan prokrastinasi antara siswa. Dan hasil tersebut diperkuat oleh  sig. sebesar 0,101 (>) dari alpha (0,05). Faktor yang mempengaruhi prokrastinasi yaitu sebagai berikut: a. Internal: Persepsi siswa terhadap tugas, Motivasi siswa kurang, Lelah, jenuh atau malas, dan banyak fikiran, Asyik dengan kegiatan lain yang lebih menarik. b. Eksternal: Jenis tugas yang diberikan guru, Jumlah tugas yang diberikan oleh guru, Jenis pelajaran yang diajarkan guru. Cara mengatasi prokratinasi yaitu sebagai berikut: Diberi nasehat, Diberi hukuman, Membagi waktu dengan baik, Mengurangi kegiatan yang tidak penting, Memberi tenggang waktu pengumpulan, Memberi perhatian khusus, Meningkatkan keprofesionalisme kinerja dengan disiplin kerja, metode yang bervariasi, materi disajikan dengan menarik dan lain sebagainya.

Kata Kunci: Prokrastinasi, Siswa (PDCI, ECP, AECP, RCP).


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


“Kelas excellent”. (online), http://murnirami.worldpress.com/2008/05/22, diakses tanggal 15 Maret 2018.

“Sekolah unggulan”. (onine), http://easyreaderhouse.blogspot.com/2009/06/sekolah-bilingual-apakah-sesuai-dengan.html, di akses tanggal 15 maret 2018.

A, Pines & Aronson, E. Career Burnout: Causes and Cures. New York: The Free Press, 1989.

Abu Ahmadi dan Widodo Supriyono. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta, 1991.

Ahmaini, Dini. “Perbedaan Prokrastinasi Akademik Antara Mahasiswa Yang Aktif Dengan Yang Tidak Aktif Dalam Organisasi Kemahasiswaan PEMA USU”. Skripsi. Sumatera Utara: Universitas Sumatera Utara, 2010.

Akinsola, M. K., & Tella, A. “Correlates of Academic Procrastination and Mathematics Achievement of University Undergraduate Students”. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 3 (2007).

Alfian. “Selayang Pandang Sekolah Berwawasan Unggulan”. (online), http://smputama.tripod.com/, diakses tanggal 10 Maret 2018.

Anwar, Ali. Statistika Untuk Penelitian Pendidikan Dan Aplikasinya Dengan SPSS Dan Excel. Kediri: IAIT Press, 2009.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta, 2003.

Azwar, Saifudin. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2002.

Azwar, Saifudin. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004.

Barry, Farber. Crisis in Education, Stress and Burnout in the American Teacher. Jossey-Bass Publishers: San Fransisco,1991.

Bungin, Burhan. Metode Penelitian Kuantitatif Komunikasi, Ekonomi Dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Prenada Media, 2005.

Burka, J. B and Yuen, L. M. Procrastination: Why You Do It. What to do About it. New York: Perseus Books, 1983.

Catrunada, Lidya. “Perbedaan Kecenderungan Prokrastinasi Tugas Skripsi Berdasarkan Tipe Kepribadian Introvert dan Ekstrovet”. Skripsi. Depok: Universitas Gunadarma.

Cutcheon, Mc, Randall. Sekolah... ya, Nggak Masalah: Ide-ide Cerdas untuk Kamu yang Bosan, Frustasi, dan Bete di Sekolah. Bandung: Kaifa, 2004.

Dalyono. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2007.

Darmin, Sudarmin. Menjadi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Pustaka Setia, 2002.

Departemen Pendidikan Nasional. Pedoman Penyelenggaraan Program Percepatan Belajar SD, SMP, dan SMA-Suatu Model Pelayanan Pendidikan Bagi Peserta Didik Yang Memiliki Potensi Kecerdasan dan Bakat Istimewa. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah, 2003.

Echols, John M. An English-Indonesia Dictionary. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2002.

Fabella, Armand T. Anda Sanggup Mangatasi Stres. tt.p: Ofset, 1993.

Ferrari dkk., Procrastination and Task Avoidance Theory, Research and Treatment. New York: Plenum Press, 1995.

Fibrianti, Dwi, Irmawati. “Hubungan Antara Dukungan Sosial Orang Tua Dengan Prokrastinasi Akademik Dalam Menyelesaikan Skripsi Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro Semarang”. Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro, 2009.

Gafni, R., & Geri, N. “Time Management: Procrastination Tendency in Individual and Collaborative Task”. Interdisciplinary Journal of Information, Knowledge, and Management, 5 (2010).

Hajar, Ibnu. Dasar-Dasar Penelitian Kuantitatif Dalam Pendidikan.Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1996.

Hakim, Thursan. Belajar Secara Efektif. Jakarta: Puspa Swara, 2004.

Hallen A., Bimbingan dan konseling. Jakarta: Ciputat Press,

Hardiyanto, Erwin. “Kejenuhan Belajar Dan Cara Mengatasinya (Studi Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Tarikh Di SMP Muhammadiyah 3 Depok)”. Skripsi. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga, 2009.

Hasibuan dan Moedjiono. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya, 1986.

Hawadi, Reni Kabar. Akselerasi:A-Z Informasi Program Percepatan Belajar Dan Anak Berbakat Intelektual. Jakarta: Grasindo, 2004.

Hayyinah, Jurnal Psikologika, 17 (Januari, 2004).

Hussain, I., & Sultan, S. “Analysis of Procrastination Among University Students”. Procedia Social and Behavioral Sciences, 5 (2010).

Irianto, Agus. Statistik Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Persada Media Group, 2004.

J. W. Santrock, Adolescence: Perkembangan Remaja, Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga, 2003.

J.P Chaplin, Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1999.

Kabar Indonesia, “kelas reguler”, (online), http://www.kabarindonesia.com/berita.php?pil=20&jd=paradigma+dan+sistem+pendidikan+di+indonesia, Di akses 16 maret 2018.

Kanisius. Kesehatan Mental 2. Yogyakarta: Kanisius, 2012.

Kartadinata, I, & Sia, T, ”Prokrastinasi Akademik Dan Manajemen Waktu”, Indonesian Psychological Journal, 23 (2), 2008.

Liliskurniasih, “Program Unggulan”, http:///Program Unggulan di Sekolah Unggulan « Liliskurniasih’s Blog, 15 Maret 2015.

M. N. Ghufron. "Hubungan Control Diri Dan Persepsi Remaja Terhadap Penerapan Disiplin Orang Tua Dengan Prokrastinasi Akademik". (online), www.mitrapedulicenter.multiply.com, diakses 23 Juni 2015.

Mahmud, Dimyati, M. Psikologi Suatu Pengantar. Yogyakarta: BPFE, 1990.

Makmun, Syamsudin, Abin. Psikologi Kependidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 1998.

Mardalis. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara, 1995.

Margono. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rienika Cipta, 2004.

Maslach, C. “Annual Review of Psychology: Job Burnout”. (online), www.anualreviews.org/maslach_01. Diakses 24 Mei 2018.

Miles, Mathew B. dan A. Michael Huberman, Analisis Data Kualitatif. Terj. Ltetjep Rohendi Rihidi. Jakarta: UI Press,1992.

Nugrasanti, R., “Locus Of Control Dan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa’, Jurnal Provitae, 2 (2006).

Nuroh. “Hubungan antara Kontrol Diri dengan Perilaku Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama Wahid Hasyim Malang”. Skripsi. Malang: fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Malang, 2006.

Özer, B. U., & Saçkes, M. “Effects of Academic Procrastination on College Students’ Life Satisfaction”. Procedia Social and Behavioral Sciences, 12 (2011).

Partanto, Pius A dan M Dahlan Al Barari. Kamus Ilmiah Popular. Yogyakarta: Arkola, 2001.

Purwanto. Statistika untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.

Puspitasari, Diyah. “Tingkat Kejenuhan Siswa Dalam Model Pembelajaran Ekspositori Pada Mata Pelajaran Qur’an Hadist di MAN 2 Wates Kulon Progo.” Skripsi, Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga, 2014.

Rahmat, Jalaludin. Metode Penelitian Komparasi Dilengkapi Dengan Contoh Analisis Statistik. Bandung: Remaja Rosdakarya, 1995.

Ratuloli, Syarah, May. “Faktor Penyebab Kejenuhan Belajar Peserta Didik Dan Upaya Guru BK Dalam Mengatasinya”. Skripsi. Sumatera Barat: STKIP PGRI, 2014.

Riduwan. Pengantar Statistika Sosial. Bandung: Alfabeta, 2009.

Saebeni, Beni. Metode Penelitian. Bandung: CV.Pustaka Setia, 2008.

Schaufeli, W. B., Maslach, C., & Marek, T. Profesional Burnout: Recent Developments In Theory and Research . Washington DC: Routledge the Taylor & Francis Group, 1993.

Schaufeli, W.B., Martinez, I.M., Pinto, A.M., Salanova, Marisa dan Bakker, A.B. “Burnout and Engangement in University Student A Cross-National Study”. Journal of Cross Cultural Psychology, 33 (5).

Scher, S. J., & Osterman, N. M. “Procrastination, Conscientiousness, Anxiety, and Goals: Exploring the Measurement and Correlates of Procrastination Among School-Aged Children”. Psychology in The School, 39 (2002).

Schouwenburg, H.C., Lay, C., Pychyl, T.A., & Ferrari, J.R. “Counseling the procrastinator in academic settings”, (online), http://www. books.apa.orgbooks pada tanggal 24 Mei 2015.

Sene`cal, C., Koestner, R., & Vallerand, R.J., “Self-regulation and academic procrastination”, The Journal of Social Psychology, 135 (1995).

Solomon, L. J. & Rothblum, E. D. “Academic Procrastination; Frequency and Cognitive Corelation”. Journal of Counseling Psychology. 31 (1984).

Steel, P. “The Nature of procrastination: A meta-analytic and theoretical review of quintessential self-regulatory failure”. Psychological

Sudarsono. Kamus Konseling. Jakarta: Rineka Cipta, 1997.

Sudjana, Nana. Metode Statistik. Bandung: Tarsito, 1989.

Sugiono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2009.

Sugiyono. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta, 2014.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2010.

Sujono, Anas. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1994.

Sukardi, Ketut, Dewa. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Surya, “Self Efficacy”, (online), http://infoplusplus.wordpress.com/2010/03/27/efikasi-diri-self-efficacy/. Di akses tanggal 22 Maret 2018.

Sutjipto, “Apakah anda mengalami burnout”, Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia, 2001.

Suyanto, Bagong dan Sutinah. Metode Penelitian Sosial. Jakarta: Kencana, 2007.

Syafi’i, Muhammad, “Hubungan antara Kecemasan Menghadapi Masalah dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa yang Sedang Mengerjakan skripsi” (Skripsi, Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada, 2001).

Syah, Muhibbin. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2009.

Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011.

Tirtonegoro, Sutratinah. Anak Supernormal dan Program Pendidikannya. Jakarta : Bina Aksara, 1984.

Tjundjing, Sia. “Apakah Penundaan Menurunkan Prestasi?”. Indonesia Psychological Journal. 22(2006).

Tohirin. Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dan Madrasah. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007.

Tuckman, B. W. “Motivational Factors Affecting Student Achievement Current Perspectives.” Ohio: The Ohio State University, 1999.

Tuckman, B. W. Measuring Procrastination Attitudinally and Behaviorally. Diunduh dari ERIC database. (ED319792), 1990.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Islam Depertemen Agama RI, 2006.

Usman, Dianti, Eka. "Murid Sulit Belajar". (online), http://www.depdikbud.co.id, diakses tanggal 23 Juni 2018.

Usman, Husain. Pengantar Statistik. Jakarta: Bumi Aksara, 2006.

Vahedi, S., Mostafafi, F., & Mortazanajad, H. “Self-Regulation and Dimensions of Parenting Styles Predict Psychological Procrastination of Undergraduate Students”. Iran Journal of Psychiatry, 4 (2009).

Wally, N & Hubby, G. “Working Student and Education Problem”. (online), http://ericae.net/edo/ED414521.htm. Diakses 15 Juli 2018

Weaver, Kelli L. “Burnout, Stress and Social Support Among Doctoral Students in Psychology”. Disertasi Doktor. West Virginia: Virginia University, 2000.

Widayati, S. Reformasi Pendidikan Dasar. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia, 2002.

Wie, “Stop Prokrastinasi”, (online), http://shafarani.blog.friendster.com/2008/11/stop-prokrastinasi. Diakses 25 Mei 2018

Wlodkowski, Raymond J. dan Judith H. Jaynes. Motivasi Belajar. Jakarta: Cerdas Pusaka, 2004.

Yao, M. P. “An Exploration of Multidimensional Perfectionism, Academic Self-Efficacy, Procrastination Frequency, and Asian American Cultural Values in Asian American University Students”. Disertasi Doktoral. (online), http://etd.ohiolink.edu/

Yusri. Statistika Sosial. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2009.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
A HIKMAH by STAIBA purwoasri Kediri is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.staiba.ac.id/index.php/alhikmah

Indexed By :



Flag Counter