PENGARUH PENGETAHUAN DAN MOTIVASI SANTRI TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI NASABAH DI LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH

Kotimah Kotimah

Sari


Keputusan pembelian juga berkaitan dengan keputusan nasabah dalam memilih lembaga keuangan dipengaruhi oleh faktor budaya, sosial, psikologi, pribadi. Dua faktor yang dominan memberikan sumbangsih dalam pengambilan keputusan nasabah yaitu pengetahuan dan motivasi.  Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh pengetahuan terhadap keputusan menjadi nasabah di lembaga keuangan syariah (2) Untuk mengetahui pengaruh motivasi  terhadap keputusan menjadi nasabah di lembaga keuangan syariah. (3) Untuk mengetahui pengaruh pengetahuan dan motivasi terhadap keputusan menjadi nasabah di lembaga keuangan syariah. Jenis penelitian kuantitatif. Populasi meliputi santri mahasiswa yang mempunyai rekening di lembaga keuangan syariah sebanyak 65 santri. Berdasarkan pengujian hipotesis,nilai thitung  variabel pengetahuan adalah 0,208 tidak berpengaruh terhadap pengambilan keputusan, nilai thitung untuk variabel motivasi adalah 5,176 motivasi berpengaruh terhadap pengambilan keputusan. Pengetahuan dan motivasi berpengaruh terhadap pengambilan keputusan menjadi nasabah. Pengujian hipotesis uji simultan, menghasilkan nilai  Fhitung yaitu  19.143. Dihasilkan nilai determinan sebesar 38,2%.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdullah, Thamrin, Francis Tantri, Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Press,2012.

Arikunto,Suharsimi Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek , Jakarta: Rhineka Cipta, 1998.

Creswell, John W Resarch Design Pendekatan Kualitatif,Kuantitatif, dan Mixed (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.

Dinda, Purnamasari. “Benarkah RI Negara dengan Penduduk Muslim Terbesar Dunia”. Tirto.Id, http://www.tirto.id, 16 Agustus 2017, diakses 25 Februari 2018.

Efendi, Usman. Psikologi konsumen. Jakarta: Rajawali Press, 2016.

Februari 2018.

Ghozali, Imam Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS (Semarang: Universitas Diponegoro, 2005.

Ghozali, Imam, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS (Semarang: Universitas Diponegoro, 2009.

Hadi,Sutrisno Statistik Jilid 2 (Yogyakarta: Andi Offset, 1987.

http://www.ojk.go.id/id/kanal/syariah/data-dan-statistik/statistik-perbankan-syariah/Documents/Pages/Statistik-Perbankan-Syariah---November-2017/SPS%20November%2017.pdf. , diakses pada tanggal 03 Februari 2018

Hulukati, Wenny, Moh. Rizki DJIbran, , “Analisis Tugas Perkembangan Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo”, Jurnal Bikotetik Volume 02 Nomor 01 Tahun 2018.

Komara, Endang. Filsafat Ilmu dan Metodologi Penelitian. Bandung: Refika Aditama, 2011.

Martono, Nanang Metode Penelitian Kuantitatif (Analisis Isi dan Analisis Sekunder) (Jakarta: Gravindo Persada, 2011.

Marzuki, Metodologi Penelitian Riset (Yogyakarta: Bagian Penerbit Fakultas Ekonomi UII, 1986), 81.

Masyafina, Idealisa. “DPK Bank-bank Syariah Tumbuh Signifikan pada Kuartal 2”. Repulika on line, http://republika.co.id, 05 Juli 2017, diakes 25 Februari 2018.

Muhyiddin. “Pertumbuhan Pesantren di Indonesia Dinilai Menakjubkan”. Republika on line. http://www.republika.co.id , 30 November 2017, diakses 21 Februari 2018.

Mursyid, “Dinamika Pesantren Dalam Perspektif Ekonomi” , Millah Volume XI Nomor 1 Agustus 2011

Lailisna, Novi Nur. "FIQIH NISA’SEBAGAI PONDASI GERAKAN PEREMPUAN ISLAM." Prosiding AnSoPS: Annual Symposium on Pesantren Studies. Vol. 2. No. 1. 2020.

Ojk laporan perbankan “Statistik Perbankan Syariah November 2017”, Statistik Perbankan Syariah November 2017, http://www.ojk.go.id/id/kanal/syariah/data-dan-statistik/statistik-perbankan-syariah/Documents/Pages/Statistik-Perbankan-Syariah---November-2017/SPS%20November%2017.pdf. Diakses pada tanggal 03 Februari 2018

Peter , J.Paul, Jerry C. Olson .Consumer Behaviour: Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran .Jakarta: Erlangga, 1999.

Priyanto, Duwi, Mandiri Belajar SPSS (Yogyakarta: Mediakom, 2008), 18.

Riduwan, Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian (Jakarta: Alfabeta, 2013.

Setiadi , Nugroho J. Perilaku Konsumen. Jakarta: Kencana, 2003.

Sidik, Syahrizal. “BI: Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2017 di Angka 5,05 Persen”. Tribun bisnis, http://www.tribunbisnis.com, 28 Desember 2017, diakses 25

Sugiono. Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2012.

Sujianto, Agus Eko, Aplikasi Statistik dengan SPSS 16,0(Jakarta: Prestasi Pustaka Karya, 2009), 97.

Sumarwan,Ujang Perilaku Konsumen (Bogor: Ghalia Indonesia, 2002),

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 2 tahun 1961 Tentang Perguruan Tinggi


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
A HIKMAH by STAIBA purwoasri Kediri is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.staiba.ac.id/index.php/alhikmah

Indexed By :



Flag Counter