KAJIAN TAHRIJ HADITS DALAM STUDI ISLAM

Ahmad Hadi Wiyono

Sari


Takhrij hadits dapat mengumpulkan berbagai sanad dari sebuah hadits serta mengumpulkan berbagai redaksi
dari sebuah matan hadits. Di dalam melakukan takhrij, ada lima metode yang dapat dijadikan sebagai pedoman,
yaitu; 1) Takhrij Melalui Lafaz Pertama Matan Hadits, 2) Takhrij Melalui Kata-Kata dalam Matan Hadits, 3)
Takhrij Berdasarkan Perawi Sahabat, 4) Takhrij Berdasarkan Tema Hadits, 5) Takhrij Berdasarkan Status
Hadits.
Keywords: Metode, Hadist,

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abu Muhammad Abdul Mahdi bin Abdul Qadir bin Abdul Hadi, 1994, Thuruq Takhrij Hadits

Rasulillah SAW, Semarang: Terjemahan, Dina Utama Semarang

Mahdi, Abu Muhammad Abd, al-Thuruq Takhrij Hadis Rasulullah SAW (Metode Takhrij

Hadis), terj. S. Agil Husin Al-Munawar dan Ahmad Rifki Muhktar, Semarang: Dina

Utama, 1994

Mahmud ath-Thahhan dengan judul Ushul at-Takhrij wa Dirasah al-Asanid yang cetakan

kelimanya diterbitkan pada tahun 1983

Mifdhol Abdurrahman, Pengantar Studi Ilmu Hadis Oleh Syaikh Manna’ Al-Qaththan

(Jakarta: Pustaka Al-Kautsar 2008)

Muliati, B., & Umam, M. K. (2019). Phenomenon Of Changes In Increasing Development Of

Students In Basic School. MIDA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(1), 96-105.

Munawir, Ahmad Wasun, Al-Munawir: Kamus Arab-Indonesia, ttp. tp. th.

Musyrifah Sunanto, Sejarah Islam Klasik Perkembangan Ilmu Pengetahuan Islam, 2003,

Jakarta: Prenada Media

Nawir Yuslem, Sembilan Kitan Induk Hadis (Jakarta: Hijri, 2006)

Noor Sulaiman PL, 2008, Antologi Ilmu Hadits, Jakarta: GP Press

Sholeh, M. K. U. S. B., & Kediri, P. (2017). STRATEGI ALTERNATIF MEMAJUKAN

LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DI PEDESAAN BERBASIS SEKOLAH

EXCELLENT.

Syuhudi Ismail, M., Metodelogi Penelitian Hadis Nabi, Jakarta: Bulan Bintang, 1972

Thahhan, Mahmud ath, Ushul at-Takhrij wa Dirasah al-Asanid, RIyad: Maktabah al-Ma‟arif,

Umam, M. K. (2017). Analisis Lingkungan Strategik Dalam Corak Penyelenggaraan

Pendidikan Islam. Al-Hikmah: Jurnal Kependidikan Dan Syariah, 5(1), 1-8.

Umam, M. K. (2017, May). Strategi Alternatif Memajukan Lembaga Pendidikan Islam di

Pedesaan Berbasis Sekolah Excellent Perspektif Kompetitif Kotemporer.

In Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars (No. Seri 2, pp. 769-776).

Umam, M. K. (2018). Imam Para Nabi: Menelusur Jejak Kepemimpinan dan Manajerial Nabi

Muhammad saw. Al-Hikmah: Jurnal Kependidikan Dan Syariah, 6(1), 59-74.

Umam, M. K. (2018). Reconstruction of Integrative Islamic Education in The.

Umam, M. K. (2018). Rekonstruksi Pendidikan Islam Integrasi Dalam Kerangka Pendidikan

Profetik Transformatif.

Umam, M. K. (2018). STRATEGI ALTERNATIF MEMAJUKAN LEMBAGA

PENDIDIKAN ISLAM DI PEDESAAN BERBASIS SEKOLAH EXCELLENT.

Umam, M. K. (2018). STRATEGI INTELEKTUALISASI PROGESIFITAS MANHAJUL