PRAKTIK KEAGAMAAN TRANSNASIONAL DI FACEBOOK

S Behnaz Hosseini

Sari


Akses ke dunia maya oleh populasi Yezidi telah memberi kelompok ini platform untuk membangun kembali
identitas agama mereka, yang, pada gilirannya, telah memungkinkan mereka untuk menantang kendala
geografis, politik dan budaya yang ada di Irak. Yezidi di Irak harus hidup dengan ancaman diskriminasi dan
bahkan kekerasan. Di Internet, identifikasi diri sebagai Yezidi dilakukan jauh lebih bebas. Munculnya Yezidi di
media Irak dan di media asing (melalui diaspora) saling terkait erat. Pengalaman penganiayaan dan
pencemaran nama baik yang terus-menerus dan prasangka oleh mayoritas Muslim telah memaksa Yezidi untuk
mengadopsi praktik keagamaan yang berbeda karena migrasi paksa ke negara-negara asing. Artikel ini adalah
penjelajahan apakah konsep ruang sakral dan persepsi serta praktik ritual keagamaan ditransformasikan dalam
media digital, yaitu ketika berpindah dari ruang fisik ke ruang virtual. Saya akan melakukan ini dengan
menerapkan visualisasi melalui citra visual dan etnografi virtual. Makalah ini mewakili teori di Internet dan
agama: menanyakan implikasi apa yang dimiliki Internet untuk identitas spiritual, ibadah dan rasa komunitas
etno-religius.
Kata kunci: studi agama, etnografi, Irak, studi budaya, Yezidi, media sosial

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Muliati, B., & Umam, M. K. (2019). Phenomenon Of Changes In Increasing Development Of

Students In Basic School. MIDA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(1), 96-105.

Salim, Metodologi Penelitian Kualitatif , Bandung : Cita Pustaka Media, 2007.

Sanjaya, Wina. Kurikulum dan Pembelajaran Teori dan Praktik Pengembangan

Santoso, Mudji , “Hakekat, Peranan dan Jenis-jenis Penelitian, Serta Pola Penelitian Pada

Pembangunan Lima Tahun Ke VI”, dalam Imron Arifin (ed), Penelitian Kualitatif

dalam Bidang Ilmu-ilmu Sosial dan Keagamaan, (Malang : Kalimashada Press, 1994)

Sanusi, Achmad , Sistem Nilai ,Bandung: Nuansa Cendikia,2015.

Sholeh, M. K. U. S. B., & Kediri, P. (2017). STRATEGI ALTERNATIF MEMAJUKAN

LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DI PEDESAAN BERBASIS SEKOLAH

EXCELLENT.

Sitorus,Masganti. , Metodologi penelitian pendidikan Islam ,Blitar : IAIN Press,2011

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D),

Bandung : ALFABETA, 2010.

Suprayogo, Imam ,Paradigma Pengembangan Keilmuan di Perguruan Tinggi Malang :UIN

Malang Press, 2009

Syafaruddin, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Hijri Pustaka Utama, 2008.

Syafaruddin, Manajemen Lembaga Pendidikan Islam, cet.1, Jakarta: Ciputat Press, 2005.

Tim Dosen Jurusan Administrasi Pendidikan FIP IKIP Malang, Administrasi Pendidikan

(Malang: IKIP Malang, 1989)

Trianto, Model Pembelajaran Terpadu, Jakarta: Bumi Aksara, 2014.

Umam, M. K. (2017). Analisis Lingkungan Strategik Dalam Corak Penyelenggaraan

Pendidikan Islam. Al-Hikmah: Jurnal Kependidikan Dan Syariah, 5(1), 1-8.

Umam, M. K. (2017, May). Strategi Alternatif Memajukan Lembaga Pendidikan Islam di

Pedesaan Berbasis Sekolah Excellent Perspektif Kompetitif Kotemporer.

In Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars (No. Seri 2, pp. 769-776).

Umam, M. K. (2018). Imam Para Nabi: Menelusur Jejak Kepemimpinan dan Manajerial Nabi

Muhammad saw. Al-Hikmah: Jurnal Kependidikan Dan Syariah, 6(1), 59-74.

Umam, M. K. (2018). Reconstruction of Integrative Islamic Education in The.

Umam, M. K. (2018). Rekonstruksi Pendidikan Islam Integrasi Dalam Kerangka Pendidikan

Profetik Transformatif.

Umam, M. K. (2018). STRATEGI ALTERNATIF MEMAJUKAN LEMBAGA

PENDIDIKAN ISLAM DI PEDESAAN BERBASIS SEKOLAH EXCELLENT.

Umam, M. K. (2018). STRATEGI INTELEKTUALISASI PROGESIFITAS MANHAJUL

AL FIKR KADER AN-NAHDLIYAH.

Umam, M. K. (2018, April). Reconstruction of Integrative Islamic Education in The

Transformative Profetical Education Framework. In Proceedings of Annual Conference

for Muslim Scholars (No. Series 1, pp. 511-520).