MEMANTIK PERKEMBANGAN FISIK MOTORIK ANAK USIA DINI MELALUI PEMBERIAN GIZI SEIMBANG DALAM PERSFEKTIF AL QURAN DAN HADIST

Binti Su'aidah Hanur, Muhamad Khoirul Umam, Nunik Zuhriyah, Lisyafa 'atun

Sari


Perkembangan fisik motorik adalah salah satu aspek perkembangan yang harus dipantau oleh orang tua,
pendidik dan kader kesehatan. Pemenuhan gizi yang tidak seimbang akan mempengaruhi level pertumbuhan dan
perkembangan anak usia dini. Pada kasus tertentu pemberian gizi yang kurang dari jumlah angka kecukupan
gizi (AKG) yang ditetapkan akan menyebabkan beberapa gangguan salah satunya adalah lambatnya
perkembangan fisik motorik anak usia dini. Artikel ini merupakan ulasan hasil penelitian terhadap anak usia
dini yang tidak mendapatkan pemenuhan gizi seimbng yang berdampak pada lambannya perkembangan fisik
motorik dibandingkan dengan anak usia dini sesamanya di Tapos Desa Mojokerep Kecamatan Plemahan.
Key words: perkembangan, fisik motorik, gizi seimbang.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anggraini. Kesehatan dan Gizi. Jakarta: Dimedia 2014.

Arisman. Gizi Dalam Kehidupan. Jakarta: EGC, 2007

Atikah, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. edisi revisi 5 Jakarta:

Rieneka Cipta, 2009

Boedi, Abdulah, Beni Ahmad Saebani. Metode Penelitian Ekonomi Islam Muamalah.

Bandung: CV PUSTAKA SETIA. 2014.

Hanur, B. S. (2011). Improving the Quality in Writing Descriptive Texts of Madrasah Aliyah

Students through Directed Writing Activity Strategy.(Thesis). DISERTASI dan TESIS

Program Pascasarjana UM.

Hanur, B. S. (2019, November). Children for Future: Gaining Our Children Success Through

Smart School of Early Childhood Education. In Proceedings of Annual Conference for

Muslim Scholars (Vol. 3, No. 1).

Hanur, B. S. A., & Fatimah, F. (2017, May). Dari Pesantren untuk PIAUD. In Proceedings of

Annual Conference for Muslim Scholars (No. Seri 2, pp. 898-908).

Hanur, B. S. A., & Widayati, T. (2019). Character Building Di Abad 12 Masehi: Kajian Dan

Analisis Pendidikan Akhlak dalam Kitab Ta’lim Muta’Alim. JCE (Journal of Childhood

Education), 2(1).

Hanur, B. S., & Avif, S. (2019). MELAYANI DENGAN HATI: Menghapus Diskriminasi dan

Segregesi antara Anak Reguler dengan Anak Berkebutuhan Khusus melalui Sekolah

inklusif YBPK Kota Kediri. Jurnal Al-Hikmah, 6(2), 27-40.

Hurlock E. Perkembangan Anak, edisi 6 Jilid 1 ed, Jakarta: PT Erlangga 2009.

Jamal Ma’mur, Asmani. Manajemen Strategis Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakata: DIVA

press, 2009

Kementerian Kesehatan. Standart Antropometri Penilaian Status Gizi Anak. Jakarta :

Direktorat jendral bina kesehatan ibu dan anak 2011.

Marimbi. Tumbuh Kembang. Jakarta: Rineka Cipta, 2010

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya. 2014.

Muliati, B., & Umam, M. K. (2019). Phenomenon Of Changes In Increasing Development Of

Students In Basic School. MIDA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(1), 96-105.

Notoadmojo P.D. Metodelogi penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka cipta,2012

Padmonodewo. Belajar dan Pembelajaran Anak Usia Dini. Jakarta: Prenhallindo.2007.

Ruslianti, Istiany ari. Penilaian Status Gizi dalam Gizi Terapan. Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya 2013

Sholeh, M. K. U. S. B., & Kediri, P. (2017). STRATEGI ALTERNATIF MEMAJUKAN

LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DI PEDESAAN BERBASIS SEKOLAH