CORAK HADIS ETIMOLOGI TERMINOLOGI DALAM MEMAHAMI STRUKTUR PENYUSUNAN HADIS

Gizka Eny Fauziah

Sari


Setelah hampir seratus tahun Nabi Muhammad SAW wafat, dan karena semakin banyaknya hadis yang beredar di kalangan masyarakat muslim, maka kemudian timbulah usaha untuk menuliskan hadis. Usaha tersebut di prakarsai oleh Khalifah Umar bin Abdul Aziz, yang merasa khawatir bahwa suatu hari nanti hadis akan punah karena tidak terdokumentasi dengan baik. Akan tetapi dalam usaha penulisan hadis tersebut kemudian munculah beberapa istilah-istilah asing yang digunakan. Pada masyarakat umum istilah tersebut dikenal dengan hadis dan as-Sunnah, sedangkan pada kelompok tertentu, dikenal istilah Khabar dan Atsar. Untuk itu, pada pembahasan makalah ini, pemakalah akan menyoroti: (1) pengertian hadis, as-Sunnah, al Khabar, dan al-Atsar, (2) struktur penyusun hadis.
Keywords: Hadis, Struktur, Istilah

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amru, Abdul Mun'im Salim. Taisir Ulumul Hadis. (Kairo: Maktabah Ibnu Taymiyah, 1997)

Hanur, B. S. A., Umam, M. K., & Zuhriyah, N. (2020). MEMANTIK PERKEMBANGAN FISIK MOTORIK ANAK USIA DINI MELALUI PEMBERIAN GIZI SEIMBANG DALAM PERSFEKTIF AL QURAN DAN HADIST. SAMAWAT, 3(2).

Muhhamad, Abu Bakar. Hadis Tarbiyah 1. (Surabaya: Al Iklas,1995)

Muliati, B., Umam, M. K., & Purwasih, G. D. (2020). KONSEP DASAR PENDIDIKAN SENI RUPA MADRASAH IBTIDAIYAH. el-Mubtada: Journal of Elementary Islamic Education, 1(2).

Rahman, Facthur. Ikhtishar Mushtalatul Hadis. (Bandung: PT Alma’arif, 1991)

Rohmawati, A., Umam, M. K., & Alaydrus, M. F. (2020). STRATEGI PEMBELAJARAN YANG BERORIENTASI PADA AKTIVITAS PESERTA DIDIK. el-Mubtada: Journal of Elementary Islamic Education, 1(2).

Syaroni, Usman. Otentisitas Hadis. (Jakarta: Pustaka Firdaus, 2008)

Umam, M. K. (2018). Reconstruction of Integrative Islamic Education in The.

Umam, M. K. (2019). Lembaga Pendidikan Islam Dalam Telaah Lingkungan Strategik. Jurnal Tinta, 1(2), 16-29.

Umam, M. K. (2019, November). Innovation of Transformative Islamic Education Strategy. In Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars (Vol. 3, No. 1, pp. 510-521).

Umam, M. K. (2020). DINAMISASI MANAJEMEN MUTU PERSFEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. Al-Hikmah: Jurnal Kependidikan Dan Syariah, 8(1), 61-74.

Umam, M. K. (2020). IMPLEMENTASI TEORI BRUNER UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS V MI THOLIBIN PADA OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT. el-Mubtada: Journal of Elementary Islamic Education, 1(2).

Umam, M. K. (2020). INTEGRASI NILAI-NILAI KE-ISLAMAN DALAM PEMBELAJARAN MAKHLUK HIDUP DI SMA MAMBA’US SHOLIHIN TERPADU BLITAR. SAMAWAT, 3(2).

Umam, M. K. (2020). KECERDASAN SPIRITUAL DITINJAU DARI NILAI NILAI PROFETIK. SAMAWAT, 3(1).

Umam, M. K. (2020). KONSEP PEMBELAJARAN MATEMATIKA BILANGAN CACAH SEKOLAH DASAR. el-Mubtada: Journal of Elementary Islamic Education, 2(1).

Zamzami, MM. Hadis Nabawi dan Sejarah Kodifikasinya. (Jakarta: Pustaka Firdaus, 2009)

Zuhriyah, N., Hanur, B. S., & Umam, M. K. (2020). DAYA TARIK PEMBELAJARAN DENGAN MULTIMEDIA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF. el-Mubtada: Journal of Elementary Islamic Education, 1(2).