KITAB HASYIYAH AL- SHAWY ‘ala TAFSIR AL-JALALAYN: Metodologi, Kelebihan, dan Kekurangan

Abdullah Affandi, Alfian Dhany Misbakhuddin

Sari


Khasyiyah al Shawy merupakan salah satu kitab tafsir yang ditulis oleh syaih al Shawy selama tiga tahun mulai tahun 1225 H/ 1804 M sampai tahun 1228 H/ 1807 M. Kitab ini merupakan hasyiyah (keterangan tambahan yang lebih luas) dari tafsir Jalalain. dalam menuliskan hasyiyah ini, syaikh ash-Shawy merangkum kitab al jamal karya gurunya yang bersumber dari 20 kitab tafsir yang popular saat itu. Syaih ash-Shawy tidak hanya marangkum penafsiran yang ada dalam kitab al jamal, namun Syaih al-Shawy juga juga menafsirkan ayat-ayat alqur’an berdasarkan pemikirannya dan terkadang juga berdasarkan al-qur’an dan hadis. Tulisan ini ingin membahas seputar syaih al- Shawy, khasyiyah al-Shawy, sumber penafsiran dan bentuk atau metode penafsiran. Metode yang digunakan dalam artikel ini adalah metode diskriptif analitik dengan tujuan mengeksplor, dan menganalisis lebih jauh metode dan corak penafsiran hasyiyah al Shawy. Kesimpulan yang dihasilkan dari artikel ini adalah, dilihat dari segi sumber penafsiran, hasyiyah al-Shawy merupakan tafsri bil- ra’yi. Untuk keluasan penjelasan tafsir ini masuk dalam kategori tafsir yang bercorak lugawy dan sufi. sedangkan tehnik penyajian tafsir yang di hasilkan dari sasaran dan tartib ayat yang di tafsirkan menggunakan metode tahlili.
Kata kunci: Syaih al-Shawy, Hasyiyah al- Shawy, Metodologi Penafsiran

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdurrahman, U. “Metodologi Tafsir Falsafi Dan Tafsir Sufi”. Jurnal ‘Adliya’. (vol: 9, No. 1. 2015). al-Sawy, Ahmad bin Muhammad. “Balagatu as-Salik li aq-Rabi Masalik” Maktabah Shamilah. (CDROM: Maktabah Shamilah, Digital, t.tp).

(---------). “Hashyiah al-Sawiy ‘ala Tafsir Jalalayn”. (Surabaya: Hidayah, t.t. Vol. I.

Baidan, Nashruddin . “Metodologi Penafsiran al-Qur’an” (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005).

Departemen Pendidikan dan kebudayaan, “Kamus Besaar Bahasa Indonesia”, (Jakarta: balai pustaka 1989).

Fuad, Imam Zaki. Kajian atas Kitab Hasyiyah al-Shawi ‘ala Tafsir Jalalain. (Jakarta: Sekripsi UIN Syarif Hidayatullah, 2011).

Mahmud, ‘Abdul Halim. "Manahij al-Mufassirin” Maktabah Shamila”. (CD-ROM: Maktabah Shamilah, Digital, 2000)

Musa,Yusuf bin Ilyan. “Mu’jam Matbu‘at al-‘Arabiah” Maktabah Shamilah”. vol. I (CD-ROM:

Maktabah Shamilah, Digital, 1928).

Ragib, ‘Amr bin Rida bin Muhammad. “Mu’jam Mu’allafin” Maktabah Shamilah. vol. 2 (CD-ROM: Maktabah Shamilah, Digital, t.tp)

Sanaky, Hujair A. H. . “Metode Tafsir [Perkembangan Metode Tafsir Mengikuti Warna atau Corak Mufassirin”. Jurnal Al-Mawarid.(vol:18, 2008).

Sirkis, Yusuf bin ‘ilyan bin musa. “Mu’jam Al Mab’at Al ‘Arabiyyah Wa Al Mu’ribah. vol 1 (bairut: mauqi’ ya ‘suub, t.t).

Umi kulsum hasibun, “Tipologi Kajian Tafsir: Metode, Pendekatan, dan Corak Dalam Mitra Penafsiran Al Quran”. Jurnal Ishlah (Vol: 2, No. 2, 2020).

Yasin, Hadi. “Mengenal Metode Penafsiran Al-Quran”. Jurnal Tahdib Ahklak. (Vol. 1 No. V, 2020).